Mahasiswa Teknik Informatika UMMI Ikuti Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI Bidang Informatika

Sesuai dengan Visi dan Misi yang diemban, Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) senantiasa berusaha meningkatkan intelektualitas aktifitasnya serta menyuarakan aspirasi dari angotanya dengan salah satu caranya yaitu mengikut sertakan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan Sertifikasi Nasional Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Informatika Untuk Angkatan Kerja Muda yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Informatika, Balitbang SDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan LSP Informatika 

Kegiatan ini bertemapat di Hotel Grand Tjokro Bandung, Jl. Cihampelas 211-217, Cipaganti, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat dan diselenggaran selama tiga hari yaitu tanggal 25-27 April 2017.

Adapun yang mengikuti kegiatan ini yaitu Muhammad Zulfikar Zubair (1530510044) Teknik Informatika semester empat yang mengikuti sertifikasi skema Programmer dari dua pilihan skema. Zulfikar lolos seleksi dan berhak mengikuti kegiatan ini beserta 74 peserta lainnya yang terbagi dalam 31 orang Programmer dan 44 Network Administrator.

Dalam acara pembukaan, dihadiri oleh Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika Basuki Yusuf Iskandar , Kepala Pusbang Litprof SDM Informatika Hedi M. Idris, Kepala Dinas Kominfo Kota Bandung Ahyani Raksanagara .

“Acara ini dilakukan untuk memenuhi permintaan SDM dengan keahlian TIK yang cukup tinggi, terutama dengan adanya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang merupakan permulaan dari tantangan di lingkup persaingan global yang lebih tajam,” kata Basuki.

Kepala Pusbang Litprof SDM Informatika Hedi M. Idris mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan pelatihan dan sertifikasi dapat memberkali angkatan kerja dengan sertifikat kompetensi agar bisa bersaing di dunia kerja. “Tujuan dan sasaran fasilitasi sertifikasi SKKNI ini adalah untuk membantu angkatan kerja bidang informatika memperoleh Sertifikat Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sehingga diharapkan mereka lebih mudah mendapatkan pekerjaan dan mampu bersaing di dunia kerja baik dalam skala lokal maupun global,” paparnya.

Kegiatan Fasilitasi Sertifikasi Kompetensi Berbasis SKKNI Bidang Informatika dilaksanakan dalam bentuk penjelasan materi uji kompetensi, Pre Assesment, Uji Kompetensi dan Assesment yang dipandu oleh Tim Asesor dengan diketuai oleh Direktur LSP Informatika, Muhaemin.

Kegiatan