PANDUAN PENDAFTARAN SKRIPSI MENGGUNAKAN E – SKRIPSI

Berikut ini adalah panduan pendaftaran skripsi menggunakan e-skripsi

 I. Pendaftaran

Sama seperti pendaftaran UP (Usulan Penelitian), silahkan untuk melakukan login terlebih dahulu dengan menggunakan situs link yang sama yaitu: https://e-skripsi.ummi.ac.id/

Jika sudah, maka tampilan e-skripsi ummi adalah sebagai berikut:





Silahkan klik pada tombol login seperti yang sudah diberikan lingkaran merah pada gambar. Jika sudah, maka tampilan situs menjadi seperti ini:




Pilihlah opsi role sebagai mahasiswa seperti yang sudah diberikan lingkaran merah pada gambar. Maka tampilan situs akan menjadi seperti ini:



Silahkan masukkan akun SIAK masing – masing dari NIM dan Password yang sudah didaftarkan pada akun SIAK, lalu klik login maka situs akan beralih menjadi seperti ini:






Seperti pada gambar tampilan situs, terdapat beberapa menu yang tersedia. Disini mahasiswa yang akan mendaftar UP (Usulan Penelitian), silahkan klik menu yang bernama E-Skripsi seperti pada gambar di atas.

Jika sudah, mahasiswa akan diberikan menu tampilan e-skripsi seperti berikut:






Pada bagian menu sidebar yang ada di samping kiri, arahkan/klik bagian menu Skripsi lalu pilih opsi sub-menu Daftar Skripsi seperti pada gambar diatas. Jika sudah, mahasiswa akan diarahkan ke tampilan menu berikut:




Klik tombol Daftarkan skripsi. Silahkan isi data – data yang diminta oleh form seperti:

  1. Judul skripsi, nilai ipk, mata kuliah mengulang (semester 1, 3, 5, dan 7)
  2. Bukti pembayaran skripsi
  3. Laporan UP yang telah direvisi
  4. Lembar revisi dari penguji pada saat sidang UP.






Jika pendaftaran skripsi telah disetujui, kegiatan bimbingan skripsi dapat dilakukan dengan 2 dosen pembimbing.

 

II. Bimbingan Skripsi

Jika sudah melakukan pendaftaran skripsi, silahkan untuk melakukan bimbingan pada 2 dosen pembimbing yang telah dipilih. Ketika akan melakukan pembimbingan, masuk ke menu Skripsi -> Pembimbingan. Tampilan akan menjadi seperti berikut:





Bimbingan skripsi dilakukan minimalnya 10 kali. Klik tombol bimbingan untuk melakukan prose bimbingan dengan dosen pembimbing.






Pada tampilan gambar diatas, setiap kali bimbingan dengan dosen pembimbing, alangkah baiknya untuk mencatat hasil bimbingannya setiap kali bimbingan dengan dosen pembimbing.

Jikalau akan bimbingan pun, tidak lupa untuk mengirim laporannya terlebih dahulu melalui chat room sama seperti sebelumnya.





Cara kirim maupun upload file laporan skripsi, klik tombol pin seperti pada gambar diatas.





Jika sudah diupload, kirim file tersebut maka nanti file laporannya akan tampil di menu Chat room sebelumnya. Tidak lupa untuk menghubungi dosen pembimbingnya juga.

 

III. Sidang Skripsi

Jika sudah melakukan proses bimbingan sebanyak minimalnya 10 kali dan dianjurkan untuk segera sidang skripsi oleh masing – masing dosen pembimbing, cara untuk mendaftarkan sidang skripsi adalah sebagai berikut:

 

Masuk ke menu Skripsi -> Daftar sidang lalu klik ajukan sidang seperti pada tampilan gambar diatas. Maka menu tampilan akan seperti ini:

 

Silahkan lengkapi data – data yang diminta. Mulai dari:

  1. Judul skripsi, nilai IPK (1 – 7)
  2. Menuliskan 3 mata kuliah untuk uji komprehensif
  3. Nama jurnal publikasi
  4. Judul jurnal publikasi skripsi
  5. Tanggal pelunasan skripsi
  6. Nilai tes TOEP/TOEFL seperti pada gambar berikut:






Jika sudah, silahkan submit dan lengkapi kembali data – data untuk pendaftaran sidang skripsi pada menu Skripsi -> Progres Pendaftaran lalu klik submit.






Jika sudah klik submit, silahkan isi data – data yang diminta yakni:

  1. File transkrip nilai dari semester 1-7 (tidak ada mata kuliah yang mengulang)
  2. Bukti penerimaan jurnal
  3. File jurnal publikasi
  4. Scan formulir bimbingan
  5. Scan halaman persetujuan pembimbing yang telah ditandatangani
  6. Scan bukti pengecekan plagiasi dengan maksimum similarity 20%
  7. Scan bukti pelunasan skripsi
  8. Laporan skripsi
  9. File presentasi skripsi
  10. Sertifikat kompetensi
  11. Bukti lunas pembayaran SPP dari semester 1 – 8
  12. Sertifikat TOEP / TOEFL.












Jika semua data sudah diisi/lengkap, tunggu sampai proses verifikasi pendaftaran sidang skripsi selesai. Jika memang sudah disetujui, silahkan buka menu Skripsi -> Jadwal Sidang, nanti pada menu tersebut akan tampil tanggal sidang skripsi, 2 dosen pembimbing dan 3 dosen penguji.





Jika sidang skripsi telah usai, mahasiswa akan mendapatkan nilai beserta catatan dari setiap dosen penguji di menu Skripsi -> Hasil sidang.









Jika terdapat adanya revisi dari setiap dosen penguji, segera revisi laporan skripsinya dan kumpulkan setiap data yang diminta pada menu Skripsi -> Hasil dan Laporan seperti berikut ini:

Informasi Umum