PANDUAN PENDAFTARAN UP (USULAN PENELITIAN) MENGGUNAKAN E – SKRIPSI

Berikut ini adalah panduan untuk Usulan Penelitian menggunakan E-Skripsi:

I. Pendaftaran

Sebelum melakukan pendaftaran UP (Usulan Penelitian) pada program studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Sukabumi, silahkan mahasiswa mengunjungi link e-skripsi yang telah diberikan oleh dosen. Berikut link untuk mengunjungi e-skripsi: https://e-skripsi.ummi.ac.id/

Jika sudah, maka tampilan e-skripsi ummi adalah sebagai berikut:



Silahkan klik pada tombol login seperti yang sudah diberikan lingkaran merah pada gambar. Jika sudah, maka tampilan situs menjadi seperti ini:




Pilihlah opsi role sebagai mahasiswa seperti yang sudah diberikan lingkaran merah pada gambar. Maka tampilan situs akan menjadi seperti ini:




Silahkan masukkan akun SIAK masing – masing dari NIM dan Password yang sudah didaftarkan pada akun SIAK, lalu klik login maka situs akan beralih menjadi seperti ini:





Seperti pada gambar tampilan situs, terdapat beberapa menu yang tersedia. Disini mahasiswa yang akan mendaftar UP (Usulan Penelitian), silahkan klik menu yang bernama E-Skripsi seperti pada gambar di atas.

Jika sudah, mahasiswa akan diberikan menu tampilan e-skripsi seperti berikut:





Pada bagian menu sidebar yang ada di samping kiri, arahkan/klik bagian menu Usulan Penelitian lalu pilih opsi sub-menu Daftar UP seperti pada gambar diatas. Jika sudah, mahasiswa akan diarahkan ke tampilan menu berikut:





Silahkan isi Judul Usulan Penelitian ke-1 dan ke-2, alangkah baiknya jika diisi keduanya supaya jika judul penelitian yang ke-1 tidak disetujui, judul yang ke-2 akan dijadikan pilihan judul UP yang lainnya.


Isi form yang lainnya seperti:

  1. Tempat Penelitian (jika ada)
  2. Nilai IPK (Sampai semester 7 atau terakhir)
  3. Upload Bukti Pembayaran Skripsi/UP.

Bagian tempat penelitian, jika ada silahkan isi, jika tidak ada kosongkan saja atau isi dengan tanda -.




Silahkan tunggu proses verifikasi dari admin/dosen disetujui atau tidaknya judul penelitian yang telah didaftarkan sebelumnya. Jika sudah disetujui, maka kegiatan pembimbingan UP dengan dosen pembimbing masing – masing dapat dilakukan.

 

II. Bimbingan UP

Setelah proses pendaftaran UP selesai, mahasiswa dianjurkan untuk melakukan pembimbingan dengan setiap dosen pembimbing masing – masing. Tetapi sebelum itu, silahkan upload laporan usulan penelitian pada menu Usulan Penelitian -> Pembimbingan.






Dari menu tampilan yang telah ditampikan, terdapat beberapa menu seperti pada gambar diatas. Untuk melakukan pembimbingan, silahkan klik menu Chat Room lalu klik tombol pin (arsipkan) seperti pada gambar berikut:




Jika sudah maka tampilan menu akan seperti pada gambar diatas, setelah itu silahkan upload file laporan penelitian masing – masing dan klik kirim file. File laporan penelitian akan terkirim pada menu Chat Room.

Untuk bimbingan dengan dosen pembimbing masing – masing, silahkan hubungi dosen pembimbingnya.

Kartu bimbingan mahasiswa ada pada terdapat di bagian menu Kartu Bimbingan.





Kartu bimbingan dapat didownload/dicetak setelah proses bimbingan selesai untuk memenuhi persyaratan sidang UP lalu terdapat paraf atau tanda tangan dari dosen pembimbing masing – masing. 

Nilai bimbingan dapat dilihat pada bagian menu Nilai Bimbingan seperti pada gambar berikut:









III. Sidang UP

Setelah proses pembimbingan selesai sampai dengan diajukan untuk sidang UP oleh dosen pembimbing, silahkan daftar UP pada menu Sidang UP -> Daftar Sidang seperti berikut:





Silahkan isi data – data yang diminta pada setiap form dimulai dari:

  1. Judul UP, dosen pembimbing
  2. Nilai IPK
  3. Nilai KKN
  4. Nilai KP
  5. Nilai mata kuliah yang belum lulus
  6. Bukti pembayaran UP/Skripsi
  7. Laporan UP

Jika sudah, silahkan konfirmasikan pendaftaran.






Tunggu sampai pendaftaran sidang UP sampai disetujui. Jika sudah disetujui, silahkan buka menu Sidang UP -> Jadwal Sidang, maka disitu akan ditampilkan jadwal sidang, dosen pembimbing beserta dosen pengujinya.

 

 

Jika proses sidang UP telah selesai, silahkan cek nilai dari hasil pengujian sidang UP dari dosen penguji pada menu Sidang UP -> Hasil Sidang UP dan klik menu view.


Silahkan periksa maupun download catatan beserta nilai dari setiap dosen penguji. Jika dianjurkan untuk revisi, segera revisi karena dari hasil revisi laporan UP nanti akan diminta file laporan revisi UP untuk pendaftaran skripsi.

Informasi Umum