Hasil Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran dalam Penyusunan RPS, Bahan Ajar dan Instrumen Penilaian Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021

Pada data monev pembelajaran dalam penyususnan RPS, Bahan Ajar dan Instrumen Penilaian yang dihasilkan dijabarkan berdasarkan indikator yang dirangkum dalam 3 standar yaitu standar isi, standar proses dan standar penilaian. Secara umum hasil monev ini memperoleh skor rata-rata 3,81 yang berada pada skala 4 (Predikat B) atau setara dengan 76,16%. Hasil ini sudah memenuhi standar mutu pembelajaran namun masih perlu adanya peningkatan dan komitmen yang tinggi untuk menjaga mutu pembelajaran khususnya pada penyusunan RPS, bahan ajar dan instrument penilaian. Berikut ini merupakan perolehan hasil berdasarkan standar pembelajaran dengan skor rata-rata per standar ditunjukkan pada Gambar berikut.

Gambar 1. Skor Rata-rata Hasil Instrumen 1 Monev per Standar

Berdasarkan gambar tersebut dapat dilihat bahwa standar isi pembelajaran memperoleh skor tertinggi yaitu 3,97 atau setara dengan 79,39% pada skala 4 selanjutnya disusul standar penilaian yaitu 3,92 atau setara dengan 78,30% dan terakhir standar proses yaitu 3,63 atau setara dengan 72,61%. Dengan demikian berdasarkan skor dan persentase tersebut secara umum telah memenuhi standar pembelajaran yang telah ditetapkan walaupun harus dilakukan perbaikan-perbaikan di 3 standar tersebut khususnya pada penyusunan RPS, Bahan Ajar dan Instrumen Penilaian.

Gambar 2. Skor Rata-rata Hasil Instrumen 1 Monev setiap Program Studi

 

Jika dilihat dari hasil rata-rata monev untuk instrument 1 setiap prodi terlihat bahwa prodi Teknik Informatika mempunyai rata-rata skor tertinggi yaitu 4,01 atau setara dengan 80,22%, kemudian disusul dengan prodi Teknik Sipil yaitu 3,74 atau setara dengan 74,83% dan prodi Kimia yaitu 3,59 atau setara dengan 71,73%. Dapat dikatakan bahwa prodi Teknik Informatika berada pada skala 5 sedangkan untuk prodi Teknik Sipil dan Kimia berada pada skala 4 yang artinya ketiga prodi tersebut telah memenuhi standar pembelajaran. Walau demikian perlu dilakukan perbaikan-perbaikan setiap semesternya agar mutu pembelajaran di Fakultas Sains dan Teknologi dapat terpenuhi.

Informasi Umum