FSAINTEK Mengadakan Seminar PKM

Dalam rangka meningkatkan partisipasi dan minat mahasiswa dalam Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang diadakan Kemenristekdikti, Fsaintek menyelenggarakan seminar yang dilaksanakan pada tanggal 02 Agustus 2017 di Aula Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Lebih dari 40 peserta menghadiri seminar ini dari jurusan di Fsaintek yakni Teknik Informatika, Teknik Sipil dan Kimia. Kegiatan seminar ini digagas oleh Dekan Fsaintek, Bapak Hartono, M.T dengan dibantu oleh 3 pembina ORMAWA dari masing-masing program studi: Indra Isa, M.Kom (Teknik Informatika), Lela Lailatul K, M.Si (Kimia) dan Adi Chandra, S.T (Teknik Sipil). “Kegiatan PKM menjadi salah satu program daya saing kita di fakultas”, ungkap Bapak Hartono selaku Dekan Fsaintek.

Pemateri dalam seminar PKM adalah Bapak Billyardi Ramdhani, M.Si dari prodi Pendidikan Biologi. Beliau memaparkan materi yang disampaikan mengenai uraian umum PKM, macam-macam kategori PKM, Kiat-kiat dalam membuat proposal PKM. Seluruh peserta menyimak dengan seksama materi yang dipaparkan, dan beberapa peserta mengajukan pertanyaan, salah satunya yang diajukan dari perwakilan Prodi Teknik Sipil, “Assalamu’alaikum, Bagaimana caranya mencari ide dalam membuat sebuah proposal?”. Lalu Ibu Lela dari prodi Kimia memberikan penjelasan bahwa ide dapat diambil dari tren yang ada, semisal produk Vape dimana liquid yang menjadi sumber aroma nya dapat diganti dengan minyak sirih sehingga asap yang dihasilkan dapat dijadikan pengusir nyamuk. “Ide semacam itu yang sederhana dapat juga dijadikan ide dalam pembuatan proposal”, tukasnya.

Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan “Bedah Proposal” yang akan dilaksanakan  pada tanggal 22 Agustus 2017. Diharapkan untuk menunjang kegiatan tersebut, para mahasiswa yang menjadi peserta dalam seminar PKM sudah merancang ide kreatif untuk dituangkan ke dalam proposal. Kegiatan "Bedah Proposal" yang akan dilaksanakan ini bersifat umum dan dapat diikuti oleh para mahasiswa FSaintek. Kategori PKM yang menjadi sasaran FSaintek dalam “Bedah Proposal” adalah PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC) dan PKM-Teknologi (PKM-T). Alasanya adalah karena ketiga kategori PKM tersebut sangat cocok dengan karakteristik dari FSaintek, dimana mengedepankan pendekatan Sains dan Teknologi dalam penemuan maupun inovasi sebuah produk / konsep / model / purwarupa.

Kegiatan