Program Studi Independen Kampus Merdeka 2022

Sukabumi, 05 November 2022. Kampus merdeka merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemenbudristek) dengan tujuan bahwa program ini dapat mendorong serta memberikan kesempatan untuk mahasiswa dalam menguasai berbagai macam bidang ilmu serta sebagai langkah pertama mempersiapkan karir sebelum masuk ke dunia kerja. Program yang diberikan pun ada berbagai macam, yaitu Kampus Mengajar, Magang, Studi Independen, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Wirausaha Merdeka Indonesian International Student Mobility Awards, Praktisi Mengajar, Bangkit by Google, GoTo, and Traveloka, dan Kementerian ESDM – GERILYA.

Salah satu program yang banyak diminati adalah program Studi Independen. Program studi independen merupakan salah satu program kampus merdeka yang memberikan mahasiswa kesempatan untuk memperlajari kompetensi yang spesifik dan dibutuhkan dengan bantuan para pakar serta menerapkannya dalam sebuah proyek riil. Program Studi Independen memiliki banyak mitra dalam berbagai bidang sehingga mahasiswa memiliki banyak pilihan terkait bidang apa yang ingin mereka kuasai. 

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Delvia Lana Semba dan Neng Fia Anggita, mengikuti program Studi Independen dengan learning path Pengembang Aplikasi Android yang diselenggarakan oleh mitra PT Dicoding Akademi Indonesia. Dalam program ini mahasiswa diberikan materi secara online, dimulai dari materi terkait pengembangan aplikasi serta soft skills yang sebaiknya dimiliki oleh mahasiswa seperti problem solving, self branding, dan masih banyak lagi. 

Mahasiswa diharuskan mengimplementasikan setiap materi  pengembangan aplikasi android yang dipelajari disetiap kelasnya dalam sebuah Submission yang kemudian di-review oleh seorang  yang ahli dalam bidang tersebut. Mahasiswa juga dapat meminta bantuan apabila mengalami kendala dalam belajar kepada Mentor yang telah disiapkan oleh mitra PT Dicoding Akademi Indonesia yang dilaksanakan selama satu minggu sekali.

Terakhir, program ini akan ditutup dengan Capstone atau project akhir. Mahasiswa harus berkolaborasi dengan mahasiswa lain dari kampus yang berbeda untuk menyelesaikan masalah dengan solusi berbasis Aplikasi Android.

Kegiatan