Berikut ini adalah panduan pendaftaran KP (Kerja Praktik) Program Studi Teknik Informatika menggunakan E-KP:
Sebelum mendaftar KP (Kerja Praktik) Teknik Informatika UMMI, mahasiswa silahkan mengakses situs KP menggunakan link: https://e-kp.ummi.ac.id/ . Tampilan halaman awal situs KP seperti berikut:
Silahkan klik tombol login seperti pada gambar diatas, maka mahasiswa akan diarahkan ke halaman berikut:
Pilih role sebagai mahasiswa lalu masukkan NIM dan Password masing – masing yang telah terdaftar pada SIAK.
Jika sudah maka halaman tampilan situs akan seperti ini:
Silahkan klik menu E-KP untuk melakukan pendaftaran Kerja Praktik seperti pada gambar diatas. Halaman akan diarahkan menuju dashboard E-KP seperti ini:
Pada bagian sidebar samping kiri, terdapat beberapa menu. Pilih menu Daftar untuk memulai proses pendaftaran kerja praktik, maka tampilan akan seperti berikut:
Terdapat beberapa form yang harus diisi oleh setiap mahasiswa yang akan melakukan kerja praktikum diantaranya:
Jika semuanya sudah diisi, silahkan klik tombol Submit Now dan mahasiswa akan diarahkan ke halaman atau menu Progress Pendaftaran. Dari menu tersebut, silahkan isi kembali data yang diminta seperti:
Jika sudah diisi atau upload, silahkan konfirmasi pendaftaran kerja praktik. Tunggu verifikasi atau hubungi dosennya sampai data pendaftaran diterima atau tidaknya.
Jika proses pendaftaran kerja praktik telah diverifikasi, mahasiswa dianjurkan untuk melakukan bimbingan dengan dosen pembimbing untuk memenuhi persyaratan sidang kerja praktik nanti.
Cara melakukan bimbingan dengan dosen pembimbing, pada sidebar pilih menu Pembimbingan.
Mahasiswa silahkan untuk mengisi logbook dan laporan. Halaman bagian logbook seperti ini:
Untuk mengisi logbook, silahkan klik tombol yang seperti pada gambar diatas. Kemudian silahkan isi deskripsi singkat serta isian logbooknya.
Jika sudah isi, silahkan upload lampiran file dan lampiran gambar pada logbook masing – masing seperti berikut:
Sementara untuk mengisi laporan, tampilannya hampir sama dengan menu logbook hanya terdapat beberapa bagian saja yang berbeda seperti berikut.
Sama halnya dengan mengisi laporan, silahkan upload lampiran file dan gambarnya.
Jika proses pembimbingan sudah selesai dan dari masing – masing dosen pembimbing, silahkan untuk segera mendaftarkan diri sidang kerja praktik. Caranya pilih menu daftar sidang pada sidebar samping kiri dan klik ajukan sidang seperti gambar berikut:
Silahkan isi data yang diminta oleh form seperti:
Jika sudah lanjut upload bebedapa dokumen yang diminta seperti:
Setelah semuanya sudah diisi dan dilampirkan, tingga menunggu proses verifikasinya. Jika verifikasi telah disetujui, jadwal sidang akan muncul pada menu Jadwal Sidang seperti berikut:
Setelah proses sidang selesai, mahasiswa silahkan untuk melihat hasil sidang kerja praktik pada bagian menu Hasil Sidang. Pada menu tersebut, silahkan catat dan lakukan revisi laporan sesuai dengan catatan yang diberikan oleh dosen penguji.
Klik tombol detail untuk melihat hasil dari setiap dosen penguji.
Terdapat dua menu dari halaman hasil sidang KP baik itu dari ketua dosen penguji dan anggota penguji. Silahkan segera revisi jika setiap dosen penguji memberikan catatan revisi.
Jika sudah silahkan buka menu Revisi dan Laporan dan klik tombol upload revisi seperti pada gambar berikut:
Klik tombol upload revisi laporan yang ada pada tabel seperti gambar berikut:
Silahkan isi data – data yang diminta seperti:
Jika sudah, klik tombol lanjutkan upload lampiran. Setelah selesai mengisi formulir revisi, silahkan upload setiap lampiran data file yang diminta seperti:
Jika sudah semua lampiran file telah di upload, silahkan klik tombol konfirmasi pengumpulan laporan.
Setelah pengumpulan laporan telah dikonfirmasikan, silahkan tunggu sampai proses verifikasi telah disetujui
© 2023 Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Sukabumi . All rights reserved